Kamis, 12 April 2012

Novel Remaja





Riyan & Ta’aruf

Hari itu Riyan telah rapi mengenakan pakaian kemeja biru dan jeans hitam lalu ia memakai jaket hitam yang membuatnya tampak lebih gagah dan berwibawa.

Mak aku pegi yo…..
Yo ….ati-ati neng dalan….
Yo mak… assalamualaikum…

Tak lama kemudian Riyan telah sampai di tempat ia bekerja yaitu di salah satu Dealer Motor terkenal di daerah tempat nya tinggal.

Pagi Bos…
Pagi Yan ….gimana sehat saja kamu…
Sehat bos masa udah keren kayak ini sakit…
Okelah…bagaimana dengan hari ini apa ada omset yang mau digarap
Belum pak tapi insya allah kalo jadi hari ini aku mau nemuin satu calon konsumen mudah-mudahan dia jadi omset tambahan pak..
Bagus kalo begitu yang semangat yach….
Oke boss….

Riyan memang akrab dengan Pimpinannya bahkan ia sudah dianggap seperti adik oleh pimpinannya…..kadang Riyan menemani boss nya jaga malam di kantor , karena boss nya itu sendirian di mess kantor yang kebetulan gabung dengan kantor mereka. Bos nya Riyan memang masih lajang jadi wajar saja mereka cepat akrab dan hobi mereka hamper sama….hanya di musik saja yang mereka beda.

Assalamualaikum
Wa’alaikum salam…siapa yah
Saya Pak Riyan dari deler motor….
Ooh Nak Riyan toh….masuk..masuk….
Gini pak kemarin bapak kan bilang ada niat mau ngambil motor di deler kami…jadi maksud kami dating kesini mau ngasih kabar kalo saat ini kami lagi ada bonis untuk konsumen bulan ini..Pak..
Apa nak Riyan …
Kalo saat ini bagi konsumen yang mau kredit akan diberikan potongan angsuran 5 bulan angsuran….
Wah bagus itu …yah nak Riyan gini loh itu si Andi Keponakan kamu itu kan sekolahnya jauh jadi mau naik ojek kan mahal jadi saya punya  inisiatif mau beliin dia motor aja yah itung-itung nabunglah….

Oke Pak tapi syarat-syaratnya sudah ada pak…
Ada Nak …ni sudah di siapin sama ibu…mana buk persyaratannya …
Ini pak …iya nak riyan kasian dengan andi tiap hari pulang nya telat karena nungguin ojek ga lewat-lewat dari sekolahanya.
Oya buk…kalo gitu Saya akan cepat mengurus Persyaratan ini supaya andi gak telat lagi pulang kerumah.

Kalo gitu pak…buk saya pamit mau pulang ke deler dulu mau ngurusin syarat-syarat ini biar cepat dapat motornya…
Yaa.. nak Riyan….hati-hati neng jalan
Yaa buk assalamualakum…..

Diperjalanan pulang Riyan mampir di sebuah warung untuk membeli rokok
Buk…ada rokok Surya gak….
Oh ada nak…
Emang anak ini dari mana…
Anu buk dari tempatnya pak Udin ,dia mau ngambil motor…ni kalo ibu mau liat brosurnya…
Ah gak nak ibu kan udah punya motor…
Ya gak papa kok buk disitukan ada brosur lowongan kerja juga…ya siapa tau ada keponakan ibu yang kepengen kerja..
o….ya emang lagi ada lowongan toh….kebenaran nak ,,,,anak perempuanku lagi nganggur lagi cari kerjaan..siapa tau dia mau….bentar ya nak tak panggil dulu…
Dew…dewi….
Yaaa Mak ada apa…
Ni Nak ….eh siapa namanya tadi…
Riyan buk…
Ni ada nak Riyan nawarin kerjaan…
Tak lama kemudian Dewi sampai depan hadapan Riyan…
Riyan yang tadi asyik ngobrol dengan ibu nya dewi kinii tercengang melihat Dewi yang tersenyum kepadanya begitu pun Dewi yang dari tadi menatap Riyan.

Dewi memang cantik walaupun dia hanya anak orang desa namun penampilannya seperti anak di perkotaan di tambah kecantikan dan keputihan kulitnya yang halus.

Singkat cerita Dewi pun bersedia kerja di deler motor tempat Riyan bekerja…hari-hari berlalu namun konflik mulai terjadi saat Alfin mengutarakan Isi hatinya kepada Dewi tentang perasaannya kepada dewi memang selama inii Dewi sering cerita dengan Riyan bahwa Alfin sering mencoba menarik perhatianya Dewi dengan apa saja….selama itu pula Dewi sering pergi bareng sam Alfin….sedangkan Riyan yang dari awal sudah menyukaii Dewi tetap menyimpan perasaan nya Karena menjaga perasaan Alfin…Karena Riyan sudah tau kalo Alfin menyukai Dewi….

Hari itu Alfin yang nekad mengutarakan perasaannya kepada dewi namun itu tidak sepengetahuan Riyan….
Tapi perasaan Alfin tidak langsung dijawab oleh Dewi …karena memang Dewi tidak memiliki perasaan terhadap Alfin….ia tidak langsung menolak dia hanya meminta waktu untuk jawaban itu…
Dewi yang sedang kebingungan di ruang istirahat tanpak mondar –mandir saja.
Riyan memperhatikan tingkah Dewi tersebut beberapa hari ini…

Riyan memberanikan diri menanyakan penasarannya…
Dewi….lagi apa nih kok kayanya bingung aja…ada konsumen yach..?
Nggak Riyan….anu ada Problem Sedikit…
Ooo masalah ya…yah kalo kamu mau cerita aku siap kok dengerin ya siapa tau aja aku bisa Bantu..ya itu juga sih kalo kamu mau???!

Ya…yan tapi nggak disini ceritanya…
Terus dimana???
Kita cari tempat aja yuk yang agak tenang sedikit….
Okelah kalo begitu…ayo deh….

Dewi dan Riyan pun meminta izin dengan pimpinan mereka ..untuk keluar kantor
Mereka menuju kesebuah tempat yang dimana terdapat sungai mengalir memang tempat itu sangat indah, mereka duduk di bawah sebuah pohon rindang…disana dewi memulai ceritanya….
Yan ….jadi aku harus gimana nih….
Yach udah kalo kamu gak bisa terima dia bilang ajakan ….kok gitu aja repot
Tapi aku takut Yan….
Ngapa harus takut….gini aja kalo sampai dia ngapa-ngapain kamu aku siap ngelindungin oke….
Bener yan…!!!Dewi senang sekali mendengar ucapan Riyan…
Riyan yang Tadi nya semangat jadi seperti orang sakit karena hatinya berdebar kencang saat tangan nya dipegang erat oleh Dewi…

Dewi menghela napas panjang…lalu
Eh Yan kok kamu baik banget sih ma aku….
Ya ……apa yaaa…emang aku orang baikan….hehehe
Nggak tapi kamu beda yan kamu lebih apa….ya..
Jangan-jangan….kamu…Dewi tidak meneruskan ucapannya
Jangan-jangan apa…..kamu ini mau dibantuin apa nggak…sih ntar aku sumpahin jadi orang cantik baru tau rasa kamu…

Hehehe ….Dewi tersenyum…melihat tingkah Riyan…
Eh..ini kan udah sore pulang yuk….rumah kamu kan jauh…
Oke deh boss….

Mereka pun pulang ke kantor di tempat mereka bekerja
Sampai dikantor Alfin yang sejak tadi menunggu mereka melihat Riyan dan Dewi pulang bersama membuat Alfin Naik pitam…ia langsung menarik tangan Riyan dan menggeret riyan kebelakang kantor.

Eh…yan sekarang kita tunjukin siapa diantara kita yang pantas mendapatkan Dewi…
3
 
Eh Alfin bentar dulu kamu kok kayak anak kecil aja sih…kita ini kan sudah dewasa kita hadapin dengan tangan dingin dong…bukan seperti ini

Dewi yang tadi melihat kejadian itu langsung mengadukan kepada pimpinan mereka…
Pak …tolong pak ….
Ada apa Dewi ….Riyan mana
Itu Pak…..Dewi susah untuk mengatakannya karena ia sudah menangis sejak Riyan digeret oleh Alfin….

Pak Parel langsung ketempat kajadian lalu kemudian Riyan dan Alfin disidangkan di dalam kantor beserta Dewi . sedangkan Kak Johan yang mendampingi pak Parel hanya tersenyum melihat kejadian itu

Coba cerita apa sebenarnya permasalahan dianatara kalian….
Saya juga gak tau pak apa yang jadi masalah dari Alfin hanya karena melihat aku pulang dengan Dewi…
Iya kamu itu pagar yang makan tanaman tau….Alfin yang sejak tadi amarahnya masih belum mereda menunjukan jari telunjuknya kearah muka Riyan…
Diam…!!!
Baik Saya Tanya sama kamu Dewi apa masalahnya…
Gini Pak Alfin Kemarin ngungkapin isi hatinya sama aku…tapi aku belum menjawabnya…karena aku bingung….jadi tadi aku curhat ama riyan pak….

Oh…itu toh masalahnya….sekarang aku Tanya sama kamu dewi
Apa kamu suka dengan Alfin coba kamu jawab sekarang
e….tidak pak aku tidak punya perasaan ama Alfin….pak, maaf ya Alfin
Halah….bilang aja kamu berdua sudah jadian iyakan!!??
Diammmm kamu Alfin!!!!

Sekarang aku Tanya sama kamu Riyan apa benar kamu sudah jadian sama Dewi?
Ah…tidak pak …tadi aku Cuma dengerin cerita dewi doang pak…
Halah bohong itu pak…..sudah lah memang kamu itu bukan temen aku tau
Alfin meninggalkan tempat itu dengan amarah yang masih membara…

Ya sudah… sekarang kalian pulang saja besokan masih mau kerja lagi…
Ya pak…dewi dan Riyan pun pulang kerumah ….


Beberapa hari kemudian riyan tampak duduk dan bercanda dengan dewi dan pak Parel .tak lama kemudian tampak Alfin mengahmpiri mereka.
Yan aku minta maaf…atas kejadian kemarin seharus nya aku dewasa dengan keputusan Dewi..aku juga minta maaf ya dew…
Ya nggak pa-pa kok Fin aku juga minta maaf ya…
Aku juga ya Alfin….Dewi pun mengulurkan tangan kepada Alfin sebagai tanda memaafkan dan meminta maaf lalu mereka kini bercanda lagi seperti biasanya….

Nah ginikan enak …kata Pak Parel….yang sejak tadi duduk diantara mereka….untuk merayakan ini Saya mau ngajakin kalian makan-makan…mau??
Wahhhhh mau dong…..jawab semua karyawan yang ada disana.

Hari-hari berlalu seperti biasanya…..namun yang berbeda hanya keakraban antara Dewi dan Riyan mereka tampak lebih akrab dari biasanya……

Hari itu
Yan kamu dimana kok dari kemarin nggak keliatan…dewi menelpon Riyan dan menanyakan keberadaan dan keadaan riyan yang sudah dua hari ini tidak masuk kerja.

Aku lagi ditempat keamarin di tempat kamu curhat kemarin…
Ngapain….disana
Ahk…nggak aku Cuma mau nenangin pikiran aja kok besok juga masuk kerja
Ya sudah besok kamu kerja ya….

Keesokan harinya
Riyan memberanikan diri untuk mengungkapkan isi hatinya kepada Dewi yang selama ini hanya ia simpan didalam hati….
Dewi sebenarnya sejak pertama kali aku bertemu kamu aku sudah menyukai kamu tetapi aku takut untuk megutarakannya karena kau takut kamu beranggapan lain terhadap aku jadi selama ini aku simpan saja dalam hati.
Dewi terdiam mendengar ucapan Riyan tak terasa air matanya menetes dipipinya…kamu jahat yan ,kalau kamu memang suka ma aku knapa baru bilang sekarang aku juga suka ma kamu tapi aku malu untuk mengutarakan duluan…
Dewi pun memeluk Riyan….
Sejak saat itu Riyan dan dewi resmi jadian….
Hari-hari mereka begitu menyenangkan….tapi ada satu hal yang menjanggal di dalam hati Riyan ….ia merasakan hubungan mereka tidak akan berangsur lama..
Ternyata perasaan itu menjadi kenyatan suatu hari Dewi yang tadi diam-diam akan pergi kekota seberang meminta izin kepada Riyan…
Yan sebenarnya aku berat untuk pergi tapi aku ingin sekali bekerja di perusahaan ini ….kamu nggak marahkan …
Yah…kalo itu bagus buat kamu ya aku mendukung aja yang penting kamu bisa jaga diri disana nanti..kapan kamu mau pergi …
Nanti malam yan….
Kok secepat itu…kenapa gak bilang dari kemarin…?
Maafin aku yan….

Beberapa hari telah berlalu Riyan dan Dewi hanya bisa bercanda lewat Handphone namun semua itu tidak berlangsung lama hanya beberapa bulan hubungan mereka kandas karena Dewi tertarik pada seorang Cowok di tempat dia bekerja …sejak kejadian itu riyan bersumpah dia tidak akan pacaran lagi
Bilamana ia bertemu dengan sorang wanita yang ia sukai dan wanita itu juga menyukainya ia akan langsung menikahi wanita itu dan tidak ingin pacaran terlebih dahulu…

Tahun berganti kini Riyan menjalani kehidupannya dengan cara yang berbeda ia kini tidak bkerja lagi dideler motor itu sedangkan Pak parel pun demikian yang telah duluan kembali ketempat asalnya.
Saat ini Riyan menjadi seorang petani ia membantu Ayahnya menanam Sayuran dikebun…niat dalam hatinya sudah bulat ia tidak ingin lagi pacaran.

Suatu hari ia bermain di rumah temannya namun pada saat mau pulang kerumah dijalan ia bertemu dengan seorang gadis yang manis namun sederhana nama nya Santi…

Riyan merasa seperti mengenal cewek itu namun ia lupa dimana….beberapa hari kemudian ia mencoba melewati jalan yang sama dimana ia bertemu dengan sorang gadis yang sepertinya sudah mengenalnya lama.riyan bertemu kembali dengan gadis tersebut eh maaf mbak kayak nya aku kenal deh ama mbak ini….
Eemmm…..kamu Riyan ya….
Iya…kok kamu tau….
Ya akukan teman kamu waktu SMP dulu
Oya…emm riyan mencoba mengingat dan kemudian ingatan itu timbul ya….ya…aku ingat sekarang…
Mereka tampak akrab bercanda menceritakan kembali masa-masa dulu

Malam itu Riyan tampak duduk termenung dalam hatinya bertanya siapakah yang akan mendampingi aku nanti….

Mak ….
Ya ada apa yan…..
Aku mau nikah mak….
Hah…kapan ama siapa….
Ah….mamak sih… aku kan bukan mau nikah sekarang tapi tahun depan…
Emang sudah ada calonnya orang mana….mamak kenal gak…Ibunya riyan terus mendesak bertanya
Yaaaa…belum ada…..,riyan menjawab santai dengan meminun susu segelas yang dari tadi dipegangnya.
Heleh-heleh yan…yan…kamu itu ada-ada aja ya…mau nikah tapi calonnya gak ada..terus kam mau nikah ma siapa …..ma ayam…?????aduh..duh anakku wes gendeng..ki….
Hah…mamak malah ngeledekin aku sih….
Ya udah nanti kalo udah temu calonnya kamu bilang aja ya ama mamak…
Ya mak ….makasih ya mak….


Hari berganti hari ….Riyan dan Santi tampak lebih akrab dan sering bertemu….
 Ternyata benih-benih cinta di hati mereka sudah mulai bersemi…..namun keduanya tidak berani untuk mengungkapkan isi hati masing-masing…

Ya allah Aku hanya berserah kepadamu tiada tempat hamba berserah melainkan hanya kepadamu…berikanlah aku petunjuk siapa yag akan menjadi jodohku kelak….aku serah kan kepadamu dan berikanlah aku petunjuk…dalam sholatnya riyan berdo’a penuh harap petunjuk dari yang maha kuasa begitu pula dengan Santi ia berdoa agar siapa yang akan menjadi jodohnya dapat menerimanya dengan apa adanya dan mencintainya dengan sepenuh hati.

Ternyata Allah berkehendak bahwa Riyan dan Santi bersatu, hari itu dalam suatu acara pernikahan keluarga Riyan dan Keluarga Santi diundang dalam acara tersebut….

Eh Santi kok ada disini ….
Loh kamu juga kok disini….

Eh ini siapa santi ….Pak Irwan Ayahnya santi mengahampiri mereka berdua yang sedang akrab bercanda…..
Ini Riyan Pak Irwan anak saya sahut Pak Anam ayah dari Riyan….jadi ini toh anak kamu….wah sudah besar..ya siapa namanya tadi yan…
Pak Anam meledek Riyan yang tadi hanya diam dan bengong karena meliahat keakraban Ayahnya dengan ayahnya Santi…begitu pula dengan santi…

Eee anu pak Santi jawab riyan dengan terbata-bata….
Ooo jadi ini toh calon yang kamu maksud…..wah pak kayaknya kita bakalan jadi besan beneran ini pak Irwan….
Wah kalo begitu bagus itu…ternyata cita-cita kita tercapai ya…Pak Anam…tapi pak itu sih tergantung mereka berdua….kalo mereka saling ….emm..anu…apa itu…HAHAHA….pak anam dan pak irwan tertawa bersama….sedangkan Riyan dan Santi hanya tersipu malu…
Bagaimana Yan mau gak ma Santi….
Yan hanya tersipu malu dia mengadakan tangan nya kepada Santi tanda bertanya
Lalu Santi menganggukan kepala tanda sutuju….
Jadi…….gimana nih…sahut pak irwan juga
Iya… pak …iya kalo bapak sama ayah merestui kami mau kok….

Alhamdulillah……Pak Irwan dan Pak Anam pun kemudian berpelukan sedangkan Riyan dan Santi hanya tersenyum melihat kebahagiaan Kedua orang tuanya….

Bulan telah berganti kini tanggal pernikahan telah ditentukan semua keperluan yang dibutuhkan telah disiapkan……
7
 
Proses pernikahan telah dilaksanakn dengan lancar akhirnya Riyan mendapatkan Jodohnya sesuai dengan keinginannya begitu pula dengan Santi mereka hidup bahagia bersama…..ternyata keduanya telah berjodoh sesuai kehendak sang kuasa tanpa harus melalui proses pacaran atau didalam Islam menyatakanny TA’ARUF.

****Selesai ****

Sob sory ini sebagian novel yang ane buat yah maklum aja sob kalo banyak yang salah…namanya juga baru belajar…hehe….
Oya…sob…ane mau minta tolong nih ….ane perlu kritikan dan saran buat calon novel ini…. yah…itung..itung tambah pengalaman..he…
Nah kalo sampaean udah baca ampe selese sampean kasih saran yah biar calon novel ini tambah lebih baik lagi caranya  gampang kok sob….sampean kirim sms aja ke nomor 
ini:
Riyan : 085367766770 or
Ok sob tanks yach atas kritikan dan saran nya?
Dah……Assalamu’alaikum…..





Bagi Kamu yang memiliki karya tulis yang ingin dibagikan  ama teman-teman kirm aja karyamu blog kami
caranya : 
kirim melalui Email
budakkito@yahoo.com
atau sri.kandy54@yahoo.com
atau srikandi54@gmail.com
good luck brooo.............



8
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar